Manfaat mengisi nitrogen pada ban kendaraan bermotor

Manfaat mengisi nitrogen pada ban kendaraan bermotor

Eurocarto. – Nitrogen adalah jenis zat lemah yang memiliki unsur kimia N dalam tabel unsur periodik. Nitrogen yaitu bahan kimia gas tidak berwarna, tidak berbau, dan merupakan gas diatomik yang tidak termasuk dalam jenis logam tetapi tetap stabil dan sangat sulit untuk berinteraksi dengan senyawa kimia lainnya. Nitrogen umumnya digunakan untuk keperluan tertentu, salah satunya adalah mengisi angin di ban. Saat ini, teknologi ini sangat banyak digunakan ketika nitrogen digunakan sebagai pengganti angin kompresor pada tekanan head. Ada beberapa alasan mengapa nitrogen saat ini banyak dipakai adalah karena senyawa yang digunakan untuk mengisi tekanan angin di dalam ban kendaraan cukup baik.

Manfaat mengisi nitrogen pada ban kendaraan bermotor

  • Tekanan ban lebih stabil

Manfaat pertama dari ban yang diisi dengan nitrogen adalah tekanan ban menjadi lebih stabil. Dengan nitrogen, tekanan ban pada mobil Anda akan jauh lebih stabil. Hal ini disebabkan oleh tekanan keseluruhan pada ban, ketika pada suhu tertentu, saat menggunakan oksigen normal, tekanan pada ban bisa berubah, sehingga ban menjadi kempes. Ketika menggunakan nitrogen ini tidak akan terjadi, karena nitrogen adalah elemen yang tidak mudah terkontaminasi dan dipengaruhi oleh elemen lain, sehingga akan mempertahankan tekanan angin ban yang konstan.

  • Lebih tahan lama

Ya, karena efek positif dari tekanan ban akan menjadi lebih stabil, ini menunjukkan bahwa nitrogen di ban mobil Anda juga akan bertahan lebih lama daripada dengan angin normal. Ini tentunya memiliki banyak keuntungan bagi Anda, antara lain Anda tidak perlu khawatir pengisian angin ban dalam waktu singkat, dan juga cepat. Selain itu, suhu tropis di Indonesia yang dapat menyederhanakan tekanan ban berkurang, ketika hanya diisi dengan angin normal.

  • Tidak timbulkan embun dan air ke ban atau roda

Nitrogen adalah elemen yang memiliki kandungan N dan tidak mengandung air. Tidak seperti angin pada umumnya, yang dapat menghasilkan embun dan air di bawah reaksi tertentu. Air ini, jika terlalu lama di dalam roda bisa terkikis. Ini akan sangat tidak menyenangkan, terutama jika Anda menggunakan velg besi yang rawan karat. Selain itu, kandungan air dalam ban akibat reaksi kimia ini dapat menyebabkan ban menjadi lebih berat dan tentu saja akan mempengaruhi kondisi mengemudi harian Anda.

  • Bentuk dan ukuran ban menjadi lebih aktif

Ukuran ban juga tergantung pada kandungan nitrogennya. Ya, nitrogen adalah elemen yang lebih stabil, karena pada titik satu, tekanan ban menjadi lebih stabil. Maka tekanan ban yang lebih stabil akan mengarah pada fakta bahwa pola dimensional, serta bentuk ban akan lebih terbangun. Bandingkan saat Anda menggunakan angin biasa untuk mengisi tekanan angin pada ban Anda. Tekanan yang tidak stabil akan menyebabkan ban mudah kempes, dan ini akan merusak bentuk ban jika dibiarkan tidak terkendali.

  • Grip ban lebih baik

Masih didasarkan pada kenyataan bahwa penggunaan nitrogen jauh lebih stabil dibandingkan dengan kandungan angin biasa. Ini menangkap cengkeraman ban di aspal, dan jalan menjadi jauh lebih stabil serta jauh lebih optimal. Grip menjadi lebih optimal tentu saja sangat berguna bagi Anda yang sedang mengemudikan kendaraan. Ada banyak efek positif dari cengkeraman yang lebih baik, termasuk:

  1. Akselerasi dan kecepatan mobil menjadi lebih baik
  2. Penggunaan bahan bakar menjadi lebih optimal
  3. Ban lebih tahan lama karena gesekan lebih baik
  4. Pemrosesan menjadi jauh lebih optimal.
  5. Mengemudi akan lebih nyaman

Meskipun memiliki banyak keuntungan dalam menggunakan nitrogen untuk ban, bagaimanapun, nitrogen masih cukup mahal namun tidak perlu khawatir dengan bermain idn poker anda dapat dengan mudah mengisi nitrogen dan sudah mudah ditemukan. Anda sekarang dapat mengisi ulang nitrogen hanya di pompa bensin. Selalu mengukur tekanan ban seperti yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Ada beberapa kondisi untuk mengisi tekanan di ban mobil Anda. Namun, menggunakan nitrogen sebagai pengisi tekanan ban harus memperhatikan pertimbangan khusus yang dapat mempengaruhi kinerja ban mobil Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengisi nitrogen di ban Anda untuk mendapatkan manfaat terbaik dari menggunakan nitrogen di ban Anda:

  1. Sesuaikan tekanan ban sesuai dengan spesifikasi ban serta beban maksimum yang disarankan. Anda dapat melihat ini di manual kendaraan, atau kode pada ban kendaraan Anda.
  2. Saat menggunakan ban dengan ukuran yang sama di bagian depan dan belakang mobil, Anda dapat membuat tekanan ban di depan lebih rendah daripada belakang.
  3. Lebih disukai, tekanan ban pada setiap ban seimbang sehingga setiap ban memiliki tekanan yang sama atau paling tidak memiliki rasio tekanan ban sama.

Semoga info kami ini bermanfaat untuk Anda, terima kasih telah berkunjung di sini.